Tahun Depan Sekolah Mulai Menggunakan Kurikulum Nasional (Kurnas)

04.52
Tahun Depan Sekolah Mulai Menggunakan Kurikulum Nasional (Kurnas)-Masih di blog SoalKurnas. Masih ingat dengan kurikulum 2013? Kurikulum made in Prof. Muhamad Nuh ini pernah bikin heboh sistem pendidikan di tanah air pada akhir 2013 lalu. Pelatihan disana sini yang membuat banyak kicauan guru yang kecapaian, kebingungan, dan kaget bisa dibilang begitu dengan hadirnya kurikulum baru tersebut, yang akrab disebut kurtilas. Banyaknya yang mengeluh disana sini plus bergantinya era kepemimpinan di kementrian pendidikan dari M.Nuh ke Anias Baswedan, maka umur kurikulum 2013 pun cuma seumur itu. Pak Anis mempending dulu kurikulum 2013 tersebut.

Bukan pending sih, tapi memberi kesempatan kepada pihak yang ditunjuk untuk melakukan evaluasi terhadai kurikulum 2013 tersebut, tetapi ada pengecualian, bagi yang sudah melaksanakan lebih dari 3 semester maka K13 tetap digunakan. Dan terjadilah dualisme kurikulum saat ini. Ada yang pake KTSP dan ada yang pake K13.

Dari baca-bada di forum, bahwa kementrian pendidikan dan kebudayaan, bahwa pada taun 2018 nanti kurikulum 2013 akan diganti dengan kurikulum nasional (kurnas). Kurikulum nasional sendiri merupakan penyempurnaan dari Kurikulum 2013, dengan catatan semua sekolah telah menggunakan kurikulum 2013. Jadi kemungkinan tahun ajaran baru nanti sekolah kembali ke K-13 sebelum akhirnya pada 2018 berganti nama menjadi kurikulum nasional.

Cuma sayang, sampai saat ini belum ada yang namanya sosialisasi tentang hal itu. Entah pemerintah masih ragu-ragu atau belum siap dengan infrastruktur untuk sosialisasinya, atau ada alasan lain yang menyebabkan belum adanya sosialisasi tersebut.

Mudah-mudahan diberlakukannya Kurikulum Nasional kejadiannya tidak seperti yang terjadi pada awal diberlakukannya kurikulum 2013 lalu. Bulan itu ketuk palu diberlakukan dan bulan itu pula baru diadakan sosialisasi dan pelatihan. jadinya repot dan ujung-ujungnya banyak yang dirugikan dan akhirnya kurikulum tersebut koleps sendiri.

Previous
Next Post »
0 Komentar